Data Science Research Group Jurusan Matematika gelar FGD dan Workshop Machine Learning

“Untuk memulainya kita harus mempersiapkan dulu paket-paket pendukung yang diperlukan, karena telah terhubung dengan internet maka cukup memilih mirror terdekat untuk menginstall paketnya” awal Dr.rer.pol. Dedy Dwi Prasyto dariDepartemen Statistika, Fakultas Matematika, Komputasi, dan Sains Data (FMKS), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mendampingi Workshop on Statistical Computing using R How Support Vector Machine (SVM) works in Machine Learning di Laboratorium Matematika Dasar Jurusan Matematika FMIPA UNEJ (14/10). Pada sesi workshop ini peserta juga dikenalkan penggunaan aplikasi R untuk jauh lebih mengenal SVM. Dikenalkan juga SVM melalui visualisasi plot klasifikasi dengan menggunakan parameter dan formula statistika. “Dengan adanya aplikasi komputasi seperti R diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan klasifikasi dengan lebih mudah” lanjutnya.

Pagi harinya diselenggarakan acara Forum Group Discussion (FGD) “Pendekatan Machine Learning dalam Prediksi dan Forecasting” oleh Data Science Research Group Jurusan Matematika FMIPA dengan diikuti oleh mahasiswa dan dosen yang menekuni bidang ilmu statistika dan komputasi. “Machine learning adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang metode dan model statistik yang digunakan oleh komputer untuk melakukan tugas tertentu tanpa perintah yang jelas, demikian arti secara definisinya. Machine learning bergantung pada model dan kesimpulan. Metode machine learning akan menghasilkan suatu model matematika yang didasarkan pada data” ungkap Dr. Dedy. Machine Learning juga layaknya suatu mesin akan tetapi berperilaku seperti layaknya manusia yang memiliki otak, bisa melakukan prediksi dan peramalan dengan menggunakan data atau perilaku yang lalu. Setelah dipahami perilaku akan dibuat metodologi dengan memanfaatkan sistem komputer dan database.

“Pelajari dan pahami ilmu yang disampaikan oleh pemateri karena akan menjadi nilai tambah khususnya yang memiliki minat bidang statistika dan komputasi untuk mempersiapkan tugas akhir dan juga meraih pekerjaan setelahnya” ujar Dr. Alfian Futuhul Hadi, S.Si., M.Si sebagai ketua Data Science Research Group Jurusan Matematika FMIPA dalam sambutan pembukaan acara. “Masih berkutat dengan machine learning, peserta workshop diharapkan bisa langsung praktek di depan komputer dengan didampingi oleh pemateri” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *