Kuliah Tamu Magister Matematika

DSCN3174Magister Matematika menyelenggarakan kuliah tamu yang mendatangkan Prof. Dr. Sri Wahyuni dari Lab. Aljabar Jurusan Matematika FMIPA Universitas Gajah Mada. Acara ini dibagi menjadi 2 sesi, yang pertama diikuti seluruh dosen magister matematika FMIPA dan magister pendidikan matematika FKIP. Dan sesi siang untuk mahasiswa S2 dan mahasiswa S1 di Jurusan Matematika dan Pendidikan Matematika FKIP.

Dihadapan dosen magister matematika, Prof. Dr. Sri Wahyuni menitik beratkan pada sharing pengalaman dalam membimbing tugas akhir S1 dan S2 di Jurusan Matematika. Bahasan awal dari beliau adalah tentang Sejarah Kurikulum yang berlaku di Indonesia mulai Kurikulum Inti hingga Kurikulum berbasis Kompetensi dengan leveling KKNI. Selanjutkan dalam kuliah tamu ini, lebih banyak terjadi diskusi antara peserta dengan pemateri.

Ikhwal Komisi Bimbingan hingga kualitas output mahasiswa S1 dan S2. Acara selanjutnya adalah dengan mahasiswa, Prof. Dr. Sri Wahyuni memulai dengan istilah dalam matematika, apa itu matematika kemudian bagaimana belajar mudah matematika. Beliau berharap dengan mengerti dan senang dengan matematika maka mahasiswa bisa memahami matematika dam menjadikan modal dalam penyusunan tugas akhir.

Pemateri selanjutnya adalah Prof. Kusno, DEA., Ph.D yang merupakan Dekan FMIPA Universitas Jember. Tema yang dipilih adalah matematika dan aplikasinya. Professor di bidang rancang bangun ini menyampaikan materi penerapan matematika dengan aplikasi khususnya software matematika seperti Maple. Dengan penalaran deduktif, akan memudahkan mahasiswa dalam mewujudkan asumsi, definisi dan aksioma ke dugaan hasil (Proposal) suatu tugas akhir atau tesis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *